Mazhab Frankfurt & Kritik Ilmu Sosialnya

Sebuah mazhab yang membahas tentang keilmuan sosial dan terdapat banyak hal-hal kritik di dalamnya. Mazhab ini dilahirkan di Universitas Frankfurt dengan gerakan intelektual multidispliner. Gerakan intelektual multidispliner disebut sebagai gerakan untuk mengembalikan tradisi kritis Marx. Ada dua genarasi pencetusnya. Generasi pertama ialah Max Hurkheimer, dkk. Gnerasi Kedua yaitu Jorgen Haberas dan Axel Honneth.

Objek kajiannya ialah ideologi (pemahaman Marxisme Soviet), positivisme, kehidupan masyrakat modern, dan postmodern. Penerapan Marxisme dinilai jauh dari nilai-nilai sesungguhnya atau awal mula paham ini berkembang. Banyak yang menilai juga tak humanis, menindas, inklusif dengan melanggengkan eksistensi negara diktator proletar.

Lalu bagaimana bedanya antara Marxisme muda VS Marxisme tua? Perhatikan tabel di bawah ini!

Perbedaan

Marx Muda

Marx Tua

Epistimologi

Kritis

Positivis

Objek kajian

Manusia

Masyarakat

Karakter

Humanis

Frontal/ Konfrontatif

Karya

The German Ideology, The Paris Manuscripts (Economics and Philoshopical Manuscripts)

Das Capital, The Communist Manifesto

 

Itu tadi penjelasan perbedaan yang bisa dipahami. Marxisme Soviet cenderung mendistorsi pemikiran Marx tua. Epistimologi Mazhab ini berawal dari kritik dari Immanuel Kant, G.W.F. Hogel, Sigmund Freud dan Marx.

Teori ini disebut juga sebgaai teori sosial kritik. Teori sosial kritik membahas tentang persamaan asumsi dari berbagai teori Eropa yang mengguncang kemapaman. Kaitannya dengan Marxis ialah teori ini tidak dipahami sebagai dogma dan norma, melainkan sebagai alat analisis. Secara dialektika ialah Metafisik dan Empirik menghasilkan Teori Kritis. Teori ini menjauhi Marxisme Ortodoks dikarenakan konflik kelas (Marxisme Oertodoks) dengan Konflik manusia dan alam (Teori kritis Frankfurt).

Kritik Trandential ialah berusaha menemukan syarat-syarat yang memungkinkan muncul dan berkembangnya pengetahuan. Sedangkan kritik Imanen berusha menemukan kondisi sosio-historis dalam konteks tertentu yang mempengaruhi pemikiran manusia.

Kritik-kritkannya : Menurut Kant, pengujian kesahihan menggunakan rasio. Bagi Hegel, refleksi atas asal usul kesadaran. Mrx, Teori dengan tujuan emansipatoris. Freud, refleksi atas konflik psikis yang menghasilkan represi dan ketidakbebasan internal – Tujuannya untuk membebaskan diri dari kekuatan asing yang membelenggu.

Komentar

Postingan Populer