*Menganalisis SWOT dan 6 M*
By : Firli Alfa Riski

>>SWOT
Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats.
Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah.
Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu:
a)Strengths (kekuatan)merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalamtubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
b)Weakness (kelemahan)merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
c)Opportunities (peluang)merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
d)Threats (ancaman)merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
>> Menganalisis 6M
Untuk mendirikan suatu usaha atau pun juga organisasi kita harus memiliki 6M. 6M yang dimaksud adalah:

1. Man (Manusia/Orang)
Manusia atau orang disini adalah yang bertugas untuk menjalankan suatu kegiatan usaha.

2. Money (Uang/Modal)
seperti yang kita ketahui modal adalah unsur yang sangat penting untuk menjalankan suatu usaha. tampa modal kita tidak bisa apa. banyak orang yang memiliki ide usaha tetapi terkendala dengan modal.

3. Meterial (Bahan Baku)
Bahan Baku adalah bahan-bahan yang akan kita proses untuk menjadi satu produk yang akan kita tawarkan.

4.Machine (Mesin)
Mesin adalah faktor yang menentukan efektifitas dan maksimalitas suatau usaha dalam hal produksi.

5.Method (Metode/Cara)
Cara yang dimaksud adalah Cara menjalankan Produksi,Cara Pemasaran,Cara Pengorganisasian,dll.

6.Market (Pasar)
Pasar adalah yang menentukan kelansungan suatu usaha. pada prinsifnya produk yang kita hasilkan harus lah merupakan produk yang memiliki daya saing. Persaingan bisa dari segi kualitas,harga,pengemasan,dll.

~ Selamat Membaca~

Komentar

Postingan Populer